Dan dalam harta mereka terdapat hak orang-orang miskin yang meminta maupun yang tidak meminta...
[Adz-Dzariyat:19]

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran)
bagi siapa yang Dia kehendaki.
Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui...
[Al-Baqarah:261]

EMIL B. SUMIRAT (CEO PT. Pundi Artha Setia)
Ujian Ketika Memulai Usaha


Selalu ada pengorbanan bila ingin mencapai keberhasilan. Begitu juga yang dialami Emil B. Sumirat yang bertekad memulai usahanya begitu lepas dari pekerjaannya sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan besar di Jakarta

2 tahun pertama banyak sekali ujian, hampir semua tabungan saya dan istri yang kami kumpulkan selama bekerja di tempat kerja masing-masing habis dan usaha belum juga menunjukkan hasil, demikian paparnya ketika diwawancarai majalah Portalinfaq di bilangan Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Selain terus berusaha, satu hal yang senantiasa ia lakukan adalah selalu berdoa dan juga menambah satu ibadah lainnya yakni berusaha bangun malam untuk sholat tahajud. Tak disangka, ketika sedang sulit-sulitnya itu tiba-tiba datanglah salah seorang saudaranya memberikan sebuah proyek untuk usahanya. "Alhamdulillah, sejak itu usahanya mulai berjalan lancar."

Sejak awal ia mendirikan usaha (PT. Pundi Artha Setia), ia memang sudah meniatkan bahwa setiap kali ada keuntungan akan disisihkan untuk dikeluarkan zakat dan infaqnya. Pilihan untuk bermitra membantu sesama segera ia jatuhkan kepada Portalinfaq yang menurutnya paling tepat untuk membantu bidang pendidikan bagi anak-anak tidak mampu. Mulai dari program peduli pendidikan saat gempa di Jogjakarta terjadi hingga program reguler beasiswa berkelanjutan Portalinfaq, perusahaannya selalu ikut berpartisipasi.

Dengan bermitra kepada Portalinfaq, selain perusahaannya bisa memiliki kartu NPWZ (Nomor Pokok Wajib Zakat) sehingga dapat mengurangi penghasilan kena pajak, ia juga merasa sangat cocok dengan lembaga amil berbasis internet ini. Salah satu program yang paling disukainya adanya ketika Portalinfaq membuat Sekolah Gratis bagi anak-anak pemulung di TPA (tempat pembuangan sampah akhir) Bantar Gebang Bekasi.

Kepada Portalinfaq lelaki yang punya hobi membaca dan travelling ini memberikan saran, agar Portalinfaq membuat link dengan ke perusahaan-perusahaan yang saat ini tengah digalakkan program CSR-nya. Menurutnya perusahaan-perusahaan itu seringkali melakukan kegiatan sosial yang berdampak pendek dan insidentil. Padahal menurutnya dana-dana itu akan sangat bermanfaat bila dikelola untuk program-program jangka panjang yang lebih jelas manfaatnya bagi masa depan generasi kita khususnya di bidang pendidikan.

Ia juga memberikan masukan sebaiknya keseluruhan laporan program qurban dibuat on-line khusus, agar setiap mudohi yang memang ikut berpartisipasi bisa browsing dan melihat foto-foto kegiatan dan aktivitas-aktivitas sepanjang pelaksanaan qurban.


Portalinfaq
22-Apr-2008

483 Klik

Userid:  
Password:  

 


Cari artikel yang mengandung kata: