Dan dalam harta mereka terdapat hak orang-orang miskin yang meminta maupun yang tidak meminta...
[Adz-Dzariyat:19]

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran)
bagi siapa yang Dia kehendaki.
Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui...
[Al-Baqarah:261]

Jambanisasi Untuk Korban Muntaber

Status Closed
Lokasi Kabupaten Tangerang, Banten
Kategori Pembangunan / perbaikan fisik
Asnaf Fakir
Perkiraan biaya Rp 100.000.000
Biaya teralokasi Rp 0
Biaya tersalur Rp 3.704.988
Penanggung jawab program Abdul Azis
Mitra Amil Yayasan PortalInfaq

Tujuan program
1. Memberikan bantuan yang bersifat emergency, recovery, rehabilitasi
2. Membantu korban untuk dapat mempunyai semangat berjuang hidup
3. Menjadi fasilitator antara korban bencana dengan pemerintah atau lembaga lainnya.
4. Menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa ini.

Uraian program
Sejak peristiwa KLB Diare di tiga daerah di Tangerang, tanggal 8 Juni 2005, korban terdata sampai tanggal 29 Juni sejumlah 18 orang meninggal, 479 orang rawat jalan, 425 orang rawat inap dan 24 orang dirujuk oleh dokter dan 180 lainnya dengan pengobatan biasa. Ada kurang lebih 666 kasus yang menyebar di tiga daerah/desa tersebut.

Di Puskesmas Kedaung Barat, Kami menemui ketua Puskesmasnya, Ibu drg. Hayati, beliau menjelaskan bahwa sebagian pasien telah kembali kerumahnya masing-masing. Beliau juga menambahkan, kondisi ini terjadi karena sanitasi yang kurang baik, walaupun penyuluhan hampir diberikan setiap bulan masih saja kesadaran akan pentingnya kesehatan belum terinternalisasi oleh masyarakat. Sebagai contoh, banyak lembaga yang memberikan bantuan berupa dana, namun apa yang terjadi, dana-dana yang diberikan oleh lembaga pendonor itu bukan dimanfaatkan untuk membeli sarana kesehatan dan kebersihan melainkan dibelikan televisi dan lainnya. Di Desa Kedaung Barat ini, dari data yang kami terima, dari 209 kasus Diare, hanya 7,8 % warga saja yang memiliki jamban di rumahnya, sementara itu korban yang menderita diare rata-rata anak-anak dan lansia.

Lain daerah lain pula kasusnya, apabila saya berkunjung ke Puskesmas Kedaung Barat, disana sudah hampir tidak ada lagi pasien rawat inap, hanya beberapa pasien saja yang berobat, sedangkan di Desa Sepatan, dari 18 korban meninggal, 11 diantaranya berasal dari desa ini. Ditemui di Puskesmas Sepatan, dr. David (sebagai wakil kepala Puskesmas) menjelaskan bahwa perlu adanya gerakan ‚ÄúJAMBANISASI‚Ä?, karena apa? hasil investigasi tim puskesmas di sana ternyata, pola hidup sehat warga masih sangat kurang. Beliau juga menjelaskan, strategi yang dilakukan oleh puskesmas yaitu adanya bidan desa yang bertanggung jawab dan mengkoordinir aktivitas kesehatan di desanya. Di desa Sepatan dari jumlah korban yang ada 80 % rata-rata anak-anak, sedangkan 20 % nya remaja dan dewasa.

Selain itu keterbatasan lokasi pasien dengan puskesmas, menjadi penghambat akan cepatnya tindakan pengobatan bagi pasien muntaber. Sehingga banyak pasien yang meninggal karena memang terlambat membawa ke puskesmas, hal inilah yang di tegaskan oleh dr. Salwa dari Puskesmas Paku Haji, yang merupakan dokter pengganti tidak tetap di puskesmas itu. Dan beliau pun meng-amin-kan usulan ‚ÄúJAMBANISASI‚Ä? yang di tawarkan oleh dr. David.

PORTAL INFAQ, sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat, yang juga merupakan lembaga sosial yang concern terhadap bencana, bermaksud untuk menampung aspirasi para dokter tersebut. Insya Allah melalui informasi ini kami siap untuk menampung bantuan Anda dalam mengatasi Diare di Tangerang ini.

Bantuan dan donasi para muzzaki/donatur masih sangat diharapkan untuk membantu mereka dalam menghadapi penghidupan selanjutnya, kami dengan segenap relawan Portalinfaq akan selalu memfasilitasi/mediator untuk membagi kebersamaan kepada saudara kita yang terkena musibah, Semoga Allah selalu memberikan kemudahan bagi kita untuk menolong sesama, dan memberikan kekuatan kepada kita untuk Memberikan kekuatan untuk merealisasikan niatan baik kita……Amiien.

Jadwal
Juli 2005 - Juli 2006

Perincian Biaya
Rencana Anggaran yang dibutuhkan untuk jamban Rp. 100.000.000 untuk 100 rumah.


Userid:  
Password:  

 

Listing program
Uraian program
Status terakhir
Daftar berita program




BERITA PROGRAM

  • 2005-07-11 Jambanisasi, Sekarang Atau Tidak Sama Sekali

  • DAFTAR LAPORAN PROGRAM


    RINGKASAN KEUANGAN

    (dalam Rp 000)
    Budget total 100.000
    Alokasi belum dibayar 0
    Alokasi sudah dibayar 3.705
    Disalurkan 3.705
    Diserahkan 0
    Dilaporkan 0